NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

10 Mekanisme Bela Diri, Mengenal Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya


Penyangkalan atau dalam bahasa Inggris disebut denial merupakan suatu mekanisme pertahanan diri yang sering digunakan manusia untuk menghindari atau menolak kenyataan yang tidak menyenangkan atau sulit diterima. Mekanisme ini melibatkan pengabaian fakta atau kebenaran yang ada, serta penghindaran tanggung jawab atas konsekuensi yang mungkin terjadi.

Dalam mekanisme pertahanan diri ini, seseorang secara tidak sadar menolak atau menyangkal bahwa sedang terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau mengancam. Penolakan ini dapat terjadi karena individu merasa tidak siap atau tidak mampu menghadapi kenyataan tersebut.

Contoh umum dari penolakan ini adalah ketika seseorang tidak menerima kenyataan bahwa hubungannya dengan pasangannya telah berakhir. Mereka mungkin terus-menerus berharap bahwa segala sesuatunya akan berubah, dan menolak untuk melihat tanda-tanda jelas bahwa hubungan mereka telah berakhir.

Selain itu, penolakan juga dapat terjadi dalam situasi yang lebih buruk seperti kecanduan. Misalnya, seorang pecandu alkohol mungkin menyangkal bahwa dirinya mempunyai masalah minum, padahal jelas bahwa alkohol berdampak negatif pada kehidupannya.

Meskipun penolakan dapat memberikan perlindungan sementara dari stres atau kecemasan yang tidak diinginkan, mekanisme ini tidak sehat dalam jangka panjang. Menghadapi dan mengakui kenyataan merupakan langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah dan berkembang menjadi individu yang lebih baik.

3 komentar pada “10 Mekanisme Bela Diri, Mengenal Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

  • Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit
    and sources back to your blog? My blog site is in the exact same
    area of interest as yours and my users would really benefit from a lot
    of the information you provide here. Please let me
    know if this ok with you. Many thanks!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *