Umum

Bawaslu RI: PSU Kuala Lumpur berjalan lancar, tetapi ada catatan

Jakarta (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia berjalan lancar, namun ada sejumlah catatan.Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menjelaskan salah satu catatan di PSU Kuala Lumpur adalah intimidasi yang dilakukan pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dan Pengawas TPS/Surat Suara Keliling. Kotak (TPS/KSK).

Kasus ini terjadi di KSK 039 wilayah Klang. Intimidasi tersebut selain disebabkan oleh ketidaksabaran pemilih, juga karena pemilih yang tidak menerima ditegur pengawas dan KPPS jika terbukti melanggar ketentuan, kata Bagja. dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Bagja kemudian menjelaskan, sejumlah pemilih yang ditegur karena mengambil foto surat suara yang sudah dipilih, mengarahkan pemilih untuk memilih salah satu calon di kawasan KSK, mengintip pemilih lain saat mencoblos, hingga mengganggu keamanan.

Untuk itu, Bagja mengungkapkan Bawaslu akan menindak pemilih yang melanggar PSU Kuala Lumpur. Bahkan, lanjutnya, ia akan mengumpulkan beberapa bukti.

“Kami juga memiliki beberapa tersangka yang melakukan intimidasi, dan hal ini akan kami sampaikan kepada Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) untuk ditegakkan hukumnya agar dapat dievaluasi dan juga menjadi perhatian masyarakat yang ingin melakukan intimidasi kepada penyelenggara pemilu di pemilu. masa depan,” katanya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mengatakan, di PSU Kuala Lumpur ada sejumlah pemilih DPK yang emosi kepada penyelenggara karena keberatan menunggu satu jam sebelum waktu pemungutan suara berakhir, seperti yang terjadi di KSK 020, 102, dan 103.

Intinya, repot untuk mengarahkan pemilih DPK yang ingin dilayani lebih awal. Padahal, kami punya kepentingan untuk memastikan DPT (Daftar Pemilih Tetap) tidak kehabisan surat suara, kata Lolly.

One thought on “Bawaslu RI: PSU Kuala Lumpur berjalan lancar, tetapi ada catatan

  • Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *