NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Surah Al Qoriah dan Artinya, pahami juga isinya


Surah Al-Qariah merupakan surat ke-101 dalam Al-Qur’an yang membahas tentang peristiwa hari kiamat. Surah ini terdiri dari 11 ayat dan termasuk dalam kelompok surah Makkiyah yang artinya turun di Mekkah. Nama huruf Al-Qariah diambil dari kata “Al-Qariah” yang berarti “menyerang” atau “mengguncang”, dan dikenal juga dengan nama lain Hari Pembalasan.

Dalam konteks asbabun nuzul yang menjadi penyebab turunnya surat Al-Qariah, tidak semua surat atau ayat dalam Al-Qur’an disertai dengan asbabun nuzul. Namun surat ini secara umum dimaksudkan untuk memberikan peringatan dan pengingat tentang kiamat serta tanggung jawab manusia dalam menghadapinya.

Isi Surat Al-Qariah adalah sebagai berikut:

1. Ancaman dan Peringatan Hari Kiamat (Ayat 1-2)

Surat tersebut diawali dengan pertanyaan retoris tentang apa itu hari kiamat, yang dimaksudkan untuk menggambarkan kehebatan dan kehebatan hari itu. Ini adalah peringatan akan peristiwa penting yang akan datang.

2. Deskripsi Hari Kiamat (Ayat 3-4)

Ayat-ayat berikut menggambarkan gambaran hari kiamat. Manusia pada hari itu akan tercerai-berai seperti cacing-cacing yang tersebar, dan gunung-gunung akan hancur dan menjadi seperti bulu-bulu yang berserakan. Inilah gambaran kehancuran dan perubahan alam semesta.

397 komentar pada “Surah Al Qoriah dan Artinya, pahami juga isinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *