NEWS

Berita Trending Terupdate

UmumUnik

Perekonomian Tiongkok menunjukkan ketahanan dan potensi pembangunan

JENEWA (ANTARA) – Tren pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada tiga kuartal pertama tahun ini menunjukkan ketahanan dan potensi pembangunan, kata Liang Guoyong, ekonom senior Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB (UNCTAD).Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok tumbuh 5,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada tiga kuartal pertama tahun 2023, menurut data yang dirilis Biro Statistik Nasional Tiongkok (NBS).

Di antara negara-negara ekonomi besar dunia, Tiongkok mempertahankan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi, kata Liang kepada Xinhua dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Sejak paruh kedua tahun ini, kebijakan makroekonomi Tiongkok terus memberikan kekuatan, dengan beberapa permasalahan yang menjadi perhatian pasar luas telah diatasi dan berbagai risiko secara bertahap diatasi, tambah Liang.
Foto yang diambil pada tanggal 1 Maret 2023 ini menunjukkan basis produksi cerdas Great Wall Motors (GWM) di Distrik Yongchuan, Chongqing, Tiongkok. (Xinhua/Huang Wei)
Menurut data perdagangan pada tiga kuartal pertama tahun ini, pariwisata keluar negeri oleh wisatawan Tiongkok meningkat secara signifikan setelah pandemi, sehingga meningkatkan impor perdagangan jasa Tiongkok dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara lain, tegas Liang.

Lebih lanjut Liang mengatakan, Tiongkok telah menjadi “mesin” terbesar yang mendorong pertumbuhan ekonomi dunia dalam satu dekade terakhir, dan akan terus memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dunia sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia.

1,784 komentar pada “Perekonomian Tiongkok menunjukkan ketahanan dan potensi pembangunan