NEWS

Berita Trending Terupdate

UmumUnik

Pengamat menyebut Ganjar mendominasi debat KPU tahap ketiga

Pak Ganjar dan Pak Anies nampaknya cenderung ofensif. Sebab ini memang peluang emas untuk ‘menguliti’ Pak PrabowoJakarta (ANTARA) – Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan menyebut calon presiden Ganjar Pranowo mendominasi debat tahap ketiga yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam“Saya kira Ganjar kinerjanya cukup baik, dari awal hingga akhir. Bahkan tampil percaya diri. Ia juga menguasai persoalan geopolitik, dan sepertinya paham betul ancaman-ancaman yang berpotensi datang ke Indonesia. Bukan sekedar ancaman nyata baik darat, udara. .dan laut dan dunia maya cukup detail,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Debat ketiga mempertemukan calon presiden yakni Ganjar, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto. Tema yang diambil adalah hubungan internasional, pertahanan, keamanan, globalisasi dan geopolitik. Menurutnya, tema tersebut harus memberikan manfaat bagi Prabowo yang saat ini menyandang status Menteri Pertahanan (Menhan).

Baca juga: Pakar Value Gesture Prabowo Tunjukkan Emosi dengan Berbagai Cara

Baca juga: Pengamat: Anies Masih Jadi Raja Debat dengan Seni Berdebat

Namun, kata dia, kinerja Prabowo kurang dari yang diharapkan. Alih-alih menjelaskan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan yang bisa menjadi poin positif bagi publik, Prabowo lebih banyak sibuk menangkis serangan kedua pesaingnya. Dalam sesi tanya jawab antar kandidat, Prabowo tak mampu menjawab secara langsung.

“Pak Ganjar dan Pak Anies nampaknya cenderung ofensif. Karena memang ini kesempatan emas untuk ‘menguliti’ Pak Prabowo. Memang kita melihat Pak Prabowo menjadi sasaran empuk Pak Ganjar dan Pak Anies. ‘ Strategi ofensif. Pak Prabowo dikuliti dengan tema yang seharusnya dia kuasai,” ujarnya.

Salah satu segmen yang paling menarik, kata Yusak, adalah saat Prabowo menyinggung argumentasi Ganjar dan Anies yang tidak menggunakan data akurat. Namun, Prabowo juga tak mampu memaparkan datanya saat ditantang Ganjar dan Anies. Prabowo justru menawarkan diskusi di luar sesi debat KPU.

6 komentar pada “Pengamat menyebut Ganjar mendominasi debat KPU tahap ketiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *