NEWS

Berita Trending Terupdate

UmumUnik

Para ekonom berharap pemerintah mempercepat realisasi belanja di tahun politik

Tahun politik ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, namun sekaligus juga bisa menjadi penghambat atau tantanganJakarta (ANTARA) – Ekonom Center for Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet berharap pemerintah mempercepat realisasi belanja pada tahun politik 2024 agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan lebih optimal bagi pertumbuhan ekonomi.Menurut saya, hal ini tidak mudah mengingat pada tahun-tahun sebelumnya, ketika ada pemilu atau pilkada, belanja di daerah kerap tertahan karena berbagai alasan, kata Yusuf saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Yusuf mengatakan, saat ini di tingkat nasional sebenarnya pemerintah sudah mulai melakukan daftar belanjaan yang lebih cepat.

Harapannya dengan daftar belanjaan yang lebih cepat, bisa dieksekusi lebih awal, sehingga cukup setahun penuh untuk melaksanakan eksekusi, kata Yusuf.

Menurut Yusuf, peristiwa politik menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan.

Berbagai jenis kegiatan pemilu akan memberikan kontribusi, terutama untuk biaya-biaya yang berkaitan dengan hal-hal seperti kampanye dan atribut yang digunakan.

“Tahun politik ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, namun sekaligus juga bisa menjadi hambatan atau tantangan,” kata Yusuf.

1,296 komentar pada “Para ekonom berharap pemerintah mempercepat realisasi belanja di tahun politik