KasusotomotifUmumUnik

Minyak Goreng Merah Beserta Kandungannya, Harga Jauh Lebih Murah


Berdasarkan informasi dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kepala Divisi Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi (SBRC) IPB University, Dwi Setyaningsih menjelaskan bahwa minyak nabati merah atau dikenal dengan nama minyak sawit merah merupakan produk turunan dari minyak nabati merah. dari minyak sawit.

Proses pengolahan minyak goreng merah berbeda dengan minyak goreng pada umumnya, karena tidak melalui proses pemutihan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan karotenoidnya. Minyak goreng merah dinilai sebagai produk ideal karena merupakan produk alami, non GMO, bebas lemak trans, bebas PHO (Partial Hydrogenation Oil) dan diproses pada suhu rendah sehingga dapat dikonsumsi langsung maupun tidak langsung. Namun ada kelemahan yang dimiliki minyak goreng merah jika dikonsumsi langsung, seperti rasa pahit, bau tak sedap, dan warna merah pekat.

Namun minyak goreng merah memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai pewarna alami, minyak ini juga sering digunakan dalam pembuatan berbagai produk olahan UKM, seperti margarin, keju nabati, pengganti lemak, bahkan dalam formulasi sabun alami dan produk perawatan kulit. Menurut Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) yang dikutip dari situs resmi Kementerian Pertanian, minyak nabati merah masih mengandung senyawa fitonutrien yang penting bagi kesehatan, seperti karoten sebagai sumber vitamin A, tokoferol, dan tokotrienol sebagai vitamin. E, dan squalene. Hal ini menjadikan minyak goreng merah berpotensi sebagai pangan fungsional, yaitu salah satu bahan pangan yang dapat membantu mencegah stunting.

Selain itu, minyak goreng berwarna merah juga dapat digunakan untuk menumis makanan, membuat salad dressing, serta sebagai bahan baku margarin dan mentega. Kandungan asam oleat dan asam linoleat pada minyak goreng merah juga mempunyai peranan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak, transportasi dan metabolisme pada anak. Hal ini menunjukkan bahwa minyak goreng merah tidak hanya sekedar bahan masakan biasa, namun juga memberikan kontribusi besar dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *