UmumUnik

Menhub memeriksa kesesuaian pesawat di Bandara Soetta

Tangerang (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pada Jumat secara berkala oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Ramp check tersebut dilakukan Inspektur Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk memastikan kelaikudaraan pesawat yang akan terbang pada masa mudik Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, kegiatan ramp check yang dilakukan Kementerian Perhubungan memeriksa seluruh aspek baik badan pesawat maupun dokumen terkait pesawat.

Baca juga: Menhub Pastikan Kesiapan Angkutan Lebaran di Bandara Soetta

Selain itu, segala hal terkait komponen pesawat diperiksa secara detail sesuai standar yang ditetapkan peraturan yang ada.

Aspek pelayanan keselamatan tentunya harus dipastikan terpenuhi dengan menguji kesesuaian seluruh moda transportasi yang akan beroperasi selama mudik lebaran, kata Budi.

Diungkapkannya, selain mengecek kesesuaian moda transportasi. Pihaknya dapat memastikan kesiapan layanan angkutan penumpang lebaran di Bandara Soetta untuk menghadapi arus mudik pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 M.

Dia mengatakan, berdasarkan data terkini, akan terjadi lonjakan penumpang di bandara. Penumpang penerbangan tercatat sekitar 193 juta atau meningkat 50 persen.

Adapun untuk mengatasi lonjakan penumpang. Kementerian Perhubungan memerintahkan lebih banyak petugas bandara di area drop-off untuk menghindari antrian panjang.

Selain itu, sebagian besar konter check-in saat ini hanya berfungsi sebagai tempat menaruh barang bawaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *