UmumUnik

Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur

SEOUL (ANTARA) – Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur pada Senin, kata militer Korea Selatan, ketika Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Seoul untuk menghadiri konferensi multilateral tingkat menteri.Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan pihaknya mendeteksi rudal balistik jarak pendek dari Sangwon di Provinsi Hwanghae Utara sekitar pukul 07.44 waktu setempat, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

“Militer kami telah meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan dalam persiapan peluncuran tambahan,” kata JCS melalui pesan teks kepada wartawan.

“Kami menjaga kesiapan penuh sambil berbagi informasi mengenai peluncuran rudal balistik Korea Utara dengan pihak berwenang AS dan Jepang,” tambahnya.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pihaknya mendeteksi dua rudal balistik Korea Utara yang tampaknya jatuh di perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Peluncuran tersebut terjadi sekitar sebulan setelah Korea Utara menembakkan rudal jelajah permukaan-ke-laut baru, Padasuri-6, dari pantai timurnya pada tanggal 14 Februari.

Peluncuran tersebut menandai peluncuran rudal balistik kedua Korea Utara tahun ini sejak peluncuran pertama pada tanggal 14 Januari, ketika negara tersebut melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat yang membawa hulu ledak supersonik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *