NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

Jamaah An-Nadzir Gowa tetapkan 1 Ramadhan 10 Maret 2024

Makassar (ANTARA) – Jemaah An Nadzir menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah melalui metodologi dan hasil observasi lunar internal kelompok di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan jatuh pada Minggu, 10 Maret 2024.“Kami sampaikan, Jamaah An Nadzir memiliki ilmu metodologi dan tata cara tersendiri dalam memantau dan menentukan 1 Ramadhan, serta 1 Syawal dan 10 Zulhijjah,” kata Pimpinan Jamaah An Nadzir Gowa, Al Ustadz HM Samiruddin Pademui, Jumat.

Ilmu metodologis ini, kata dia, merupakan hasil ajaran guru dan Imam KH Syamsuri Abdul Madjid yang diklaim menjamin kebenaran ilmu pengetahuan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Berdasarkan hasil pantauan internal beberapa bulan terakhir, kata Samiruddin, hasilnya disampaikan secara singkat. Pertama, pemantauan bulan diawali dengan mengamati tiga kali bulan purnama pada tanggal 14, 15, dan 16 Sya’ban 1445 Hijriah yang masing-masing bertepatan pada tanggal 23, 24, dan 25 Februari 2024.

Kedua, setelah menentukan tiga bulan purnama di tengah bulan Sya’ban, kemudian dihitung perjalanan bulannya, diperoleh tanggal 27, 28, dan 29 Sya’ban 1445 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 7, 8, dan 9 Maret. 2024 dengan tetap memperhatikan waktu terbitnya bulan di ufuk timur. , subuh kazib, siddiq dan pagi hari termasuk melihat bayangan bulan berlapis-lapis dengan menggunakan kain hitam tipis.

Ketiga, menggunakan alat teknologi aplikasi melalui smartphone yang telah diteliti beberapa tahun terakhir, yang keakuratan datanya sangat mendukung dan memudahkan dalam menentukan waktu atau jam pergantian atau hilal, konjungsi bulan Sya’ban hingga Ramadhan 1445.

Diikuti juga dengan fenomena alam seperti hujan, angin kencang, petir, dan puncak pasang surut (kondak) air laut, jelasnya.

Baca juga: BRIN Sebut Bulan Masih Sangat Rendah pada 10 Maret 2024

One thought on “Jamaah An-Nadzir Gowa tetapkan 1 Ramadhan 10 Maret 2024

  • Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *