Umum

DPR dan pemerintah sepakat ketentuan Pilkada DKJ 50 persen plus 1

Jakarta (ANTARA) – Badan Legislatif (Baleg) DPR RI bersama pemerintah telah menyepakati ketentuan penetapan gubernur dan wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang akan dipilih langsung melalui pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan suara lebih dari 50 persen atau 50 persen ditambah 1.Jadi kita bisa putuskan ya, untuk pemilu tetap 50 ditambah 1, kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas saat membacakan keputusan akhir dalam rapat panitia kerja (panja) yang membahas daftar inventarisasi masalah ( DIM) Rancangan Undang-Undang (RUU) DKJ. di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Keputusan ini diambil setelah tujuh fraksi dan DPD RI menyatakan setuju dengan usulan pemerintah, sedangkan hanya dua fraksi yang menginginkan pemenang Pilkada Jakarta ditentukan berdasarkan suara terbanyak seperti pilkada di provinsi lain di Indonesia.

“Dua orang bilang tidak setuju, lalu yang lain bilang setuju,” ujarnya.

Kemudian, DPR juga menyetujui usulan pemerintah mengenai mekanisme pilkada DKJ dilaksanakan dua putaran jika tidak ada pasangan calon yang memperoleh 50 persen plus 1 suara pada putaran pertama.

Selain itu, pelaksanaan pilkada DKJ akan dilaksanakan sesuai persyaratan dan tata cara yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Diketahui, keputusan tersebut membatalkan keputusan rapat panitia kerja pembahasan RUU DIM DKJ yang digelar pada Senin sore, dimana sebelumnya DPR dan pemerintah menyepakati mekanisme penetapan gubernur dan wakil gubernur DKJ melalui daerah. pemilu dengan sistem suara terbanyak sehingga hanya dilaksanakan satu kali putaran.

One thought on “DPR dan pemerintah sepakat ketentuan Pilkada DKJ 50 persen plus 1

  • I have been browsing online more than three hours today yet I never found any interesting article like yours It is pretty worth enough for me In my view if all website owners and bloggers made good content as you did the internet will be a lot more useful than ever before

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *