UmumUnik

Destinasi wisata Makassar-Maros mendukung kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan

Makassar (ANTARA) – Potensi destinasi wisata di Kota Makassar dan Kabupaten Maros turut memberikan kontribusi positif terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulawesi Selatan.“Pada Januari 2024, berdasarkan data BPS diketahui kunjungan wisman ke Sulsel sebanyak 742 orang. Kunjungan tersebut merupakan dua daerah yang paling banyak dikunjungi baik dari bandara maupun pelabuhan, yakni destinasi di Kabupaten Maros dan Kota Makassar,” kata Selatan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi H Muhammad Arfah di Makassar, Senin.

Meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulsel perlahan tapi pasti mulai kembali bergairah pasca COVID-19 dan sudah memasuki adaptasi normal baru.

Selain sebagai pintu gerbang atau pintu masuk Kawasan Timur Indonesia (KTI), potensi destinasi wisata di Kota Makassar juga memiliki sejumlah ikon yang menarik pengunjung, di antaranya ikon sejarah seperti Benteng Rotterdam dan Benteng Sombaopu.

Sedangkan di sisi barat Kota Makassar terdapat Pantai Losari dengan empat anjungan etnis di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yaitu etnis Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar.

Termasuk ikon Center Point Of Indonesia (CPI) dengan Wisma Negara yang menawarkan aneka jajanan sambil menikmati panorama matahari terbenam.

Adapun potensi lain yang ada di Kabupaten Maros, terdapat kawasan wisata karst Rammang-Rammang yang masuk dalam “World Heritage” dan telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai organisasi dunia yang salah satunya bergerak di bidang kebudayaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *