NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya adalah Jepara


Daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya adalah Jepara. Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai pusat kerajinan ukir mendunia sejak abad ke-19. Keahlian mereka dalam memproduksi furnitur dan ukiran telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari berbagai kalangan, baik dalam maupun luar negeri.

Jepara dengan bangga ditetapkan sebagai kawasan terpadu yang memproduksi furnitur dan ukiran. Budaya seni ukir dan seni pahat di kota ini bukan hanya sekedar industri, namun telah merambah aspek budaya, seni, ekonomi, sosial dan politik, menjadi bagian tak terpisahkan dalam sejarahnya yang mendalam.

Melansir dari situs resmi NKRI, ditegaskan bahwa daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan seni ukir atau pahatannya adalah Jepara dan mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan yang lain. Ukiran Jepara mempunyai motif seperti Daun Trubusan yang terdiri dari varian unik antara lain daun yang muncul dari tangkai yang menjorok dan daun yang tumbuh dari dahan atau ruas.

Motif Jepara dikenal juga dengan sebutan “Jumbai” yang memiliki ciri khas daun yang terbuka seperti kipas dengan ujung meruncing. Motif ini sering kali dihiasi dengan tiga atau empat biji yang tumbuh dari pangkal daun. Salah satu ciri yang tidak dapat dipungkiri adalah kemampuan batang relung untuk meliuk memanjang dan menyebar membentuk cabang-cabang kecil yang memenuhi ruang dan menambah keindahan karya seni. Ciri khas inilah yang menjadi identitas kuat ukiran Jepara.

Daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya adalah Jepara, mampu menampilkan alam akomodatif yang mampu menjaga keseimbangan dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Keseimbangan ini menjadi prinsip penting karena masyarakat Jawa cenderung sangat menjunjung tinggi konsep keharmonisan dalam kehidupannya. Ukiran di kawasan pesisir misalnya, bisa tampil lebih terbuka dan memberi kesan kepribadian berbeda.

1,502 komentar pada “Daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya adalah Jepara