KasusotomotifUmumUnik

Budidaya Nanas Bagong Segar di Murtigading Semakin Berkembang berkat KUR BRI


Besarnya potensi budidaya nanas di Kurahan II dinilai mampu dikembangkan menjadi agrowisata nanas. Saat ini nanas baru dipasarkan secara lokal dan online. Warga yang ingin membeli nanas bisa datang langsung ke rumah warga atau perkebunan yang ada. Di Kurahan II pengunjung juga dapat membeli bibit nanas bagong yang telah disediakan.

Yuni mengatakan, saat ini pemasaran nanas bagong di Desa Kurahan dan Murtigading sendiri masih dalam skala lokal dengan dibantu oleh pasar online. Namun tidak menutup kemungkinan nanas bagong di desa ini bisa memiliki jangkauan yang lebih luas.

“Biasanya kami punya grup di WhatsApp atau Facebook. Kami beritahukan bahwa sedang ada panen besar di Kurahan. “Jadi mereka datang ke sini,” kata Yuni yang juga warga Kurahan II.

Selain agrowisata, nanas bagong di Kurahan juga dikembangkan untuk diolah menjadi makanan. Hal inilah yang mulai dirintis oleh ibu-ibu rumah tangga di desa ini melalui UMKM Lestari. Seluruh olahan nanas diharapkan dapat menyerap produksi nanas segar pada panen raya dan dapat memperpanjang umur simpan.

Potensi inilah yang kemudian membuat BRI menjadikan budidaya nanas dan produk olahannya di desa ini sebagai klaster. Pengolahan seluruh nanas di Kurahan II baru saja dimulai dan berada di bawah bimbingan unit BRI Sanden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *