UmumUnik

BMKG memperkirakan curah hujan di Bali akan berkurang mulai pertengahan April

Kami memperkirakan pada tanggal 11-20 April, intensitas curah hujan akan semakin menurun pada pertengahan April, khususnya di pesisir pantai Bali. Denpasar (ANTARA) – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memetakan curah hujan, khususnya di wilayah pesisir Bali, akan mulai berkurang yang diperkirakan mulai terjadi pada pertengahan April. 2024 karena peralihan musim hujan ke kemarau.“Kami perkirakan pada tanggal 11-20 April intensitas curah hujan akan semakin menurun pada pertengahan April khususnya di pesisir pantai Bali,” kata Koordinator Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, Selasa.

BBMKG Denpasar memperkirakan penurunan intensitas hujan akan ditandai dengan berkurangnya peluang hujan di bawah 50 milimeter per 10 hari yakni hanya 20-30 persen.

Pada masa peralihan ini, intensitas hujan berangsur-angsur berkurang dan terjadi perubahan cuaca sehari-hari yang cukup signifikan, misalnya siang hari panas disusul hujan lebat dengan durasi singkat.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi mengalami hujan sedang-lebat pada Selasa

Berdasarkan pemetaan, lanjutnya, penurunan curah hujan terjadi di wilayah Bali bagian barat, utara, dan selatan. Sementara Bangli dan Karangasem diperkirakan mendapat curah hujan tinggi.

Ia menambahkan, awal April merupakan masa transisi dan intensitas curah hujan diperkirakan masih tinggi untuk seluruh wilayah Bali. Sedangkan pada akhir April 2024 diperkirakan sebagian besar wilayah Bali sudah memasuki musim kemarau.

Sementara pantauan BBMKG Denpasar 10 hari terakhir atau 21-31 Maret 2024, cuaca di Bali masih hujan hingga sedang kemarau karena 11-20 hari tidak turun hujan.

Secara umum sebaran curah hujan di Bali juga berkisar antara 8-229,5 milimeter per 10 hari. Curah hujan tertinggi tercatat terjadi di pos pengamatan hujan di Baturiti, Kabupaten Tabanan, mencapai 229,5 milimeter per 10 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *