NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Binge Eating Merupakan Gangguan Perilaku Makan, Simak Gejala dan Penyebabnya

1. Konsultasikan dengan ahli kesehatan

Binge Eating adalah salah satu jenis gangguan makan yang menyerang banyak orang di seluruh dunia. Banyak orang yang menderita makan berlebihan tidak menyadari bahwa dirinya mempunyai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika Anda merasa kesulitan dalam mengontrol pola makan. Konsultasi dengan ahli kesehatan, seperti ahli gizi atau psikolog klinis, dapat memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi gangguan makan ini.

Mereka akan membantu Anda mengidentifikasi pemicu makan berlebihan dan memberikan saran tentang cara mengelolanya. Seorang ahli gizi juga dapat membantu Anda merancang rencana makan yang sehat dan seimbang, yang dapat membantu Anda mengurangi makan berlebihan. Selain itu, psikolog klinis dapat membantu Anda memahami akar penyebab pesta makan berlebihan dan melibatkan Anda dalam terapi perilaku kognitif. Terapi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku salah terkait makan, sehingga Anda bisa mengelola stres dan emosi yang mungkin memicu binge Eating.

2. Terapi psikologis

Terapi psikologis adalah salah satu pendekatan yang paling umum digunakan untuk mengobati gangguan makan berlebihan. Ada beberapa bentuk terapi psikologis yang efektif membantu individu yang mengalami gangguan makan. Pertama, terapi perilaku kognitif (CBT) telah terbukti efektif dalam mengobati gangguan makan berlebihan. Terapi ini berfokus pada perubahan pola pikir dan perilaku tidak sehat terkait makan. Dalam CBT, individu akan belajar memahami dan mengidentifikasi pikiran dan perasaan yang memicu makan berlebihan, serta mengembangkan strategi untuk mengatasinya.

Selain itu, terapi interpersonal juga sering digunakan sebagai pendekatan psikologis untuk mengatasi gangguan makan berlebihan. Terapi ini berfokus pada meningkatkan hubungan interpersonal yang sehat dan membantu individu mengelola emosi terkait makan. Dalam terapi ini, individu diajarkan keterampilan komunikasi yang efektif, menetapkan batasan pribadi yang sehat, dan menghadapi konflik interpersonal. Terakhir, terapi dialihkan (DBT) juga bisa menjadi pilihan dalam mengatasi gangguan makan berlebihan. Terapi ini membantu individu memperoleh keterampilan pengaturan emosi dan menerima dirinya sendiri. DBT mengintegrasikan aspek CBT dengan teknik mindfulness.

3. Mengatur pola makan seimbang

Salah satu cara mengatasi binge feeding adalah dengan mengatur pola makan seimbang. Mengelola pola makan seimbang berarti menjaga keseimbangan antara jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah keinginan makan berlebihan.

Beberapa tips mengatur pola makan seimbang adalah sebagai berikut:

One thought on “Binge Eating Merupakan Gangguan Perilaku Makan, Simak Gejala dan Penyebabnya

  • This is really attention-grabbing, You’re an excessively professional blogger.
    I have joined your rss feed and look forward to seeking extra of your excellent post.
    Additionally, I’ve shared your site in my social networks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *