KasusotomotifUmumUnik

Tipes, Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Liputan6.com, Jakarta Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, terutama di daerah yang sanitasinya buruk dan rendahnya pendidikan mengenai kebersihan. Penyakit tipes dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi kotoran manusia yang mengandung bakteri Salmonella typhi.

Gejala yang umum muncul pada penderita tipes antara lain demam tinggi yang berlangsung secara bertahap, sakit kepala, sakit perut, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan diare. Jika tidak segera diobati, penyakit tipes bisa berdampak serius pada organ tubuh seperti hati, jantung, dan sistem pencernaan.

Penyebab utama penyakit tipes adalah kontak dengan orang yang sedang terinfeksi atau mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit tipes antara lain tinggal di daerah dengan sanitasi yang buruk, kebersihan yang kurang, atau menggunakan air yang tidak bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *