UmumUnik

Survei garis salju menunjukkan gletser di Selandia Baru terus menyusut

WELLINGTON (ANTARA) – Survei garis salju terbaru di Selandia Baru mengungkapkan “penurunan berkelanjutan” gletser di negara itu.Gletser di Selandia Baru tampaknya “hancur dan mencair” akibat hilangnya es yang terus berlanjut, kata Institut Penelitian Air dan Atmosfer Nasional (NIWA) pada Senin (25/3).

NIWA telah terbang di atas pegunungan Selandia Baru untuk melakukan survei garis salju pada akhir musim panas, mengamati kondisi gletser dan ketinggian garis salju sejak tahun 1970an.

Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana lanskap Selandia Baru yang menakjubkan mengalami transformasi, kata Andrew Lorrey, pemimpin program dan ilmuwan utama NIWA.

Secara keseluruhan, garis salju semakin meningkat, dan dalam beberapa tahun terakhir peningkatannya semakin cepat, sehingga Selandia Baru terus melanjutkan tren hilangnya es glasial, kata Lorrey.

Lorrey mengaitkan hal ini dengan meningkatnya suhu global, dengan delapan dari 10 tahun terpanas yang pernah dialami Selandia Baru sejak pencatatan mulai terjadi pada dekade terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *