UmumUnik

SIG meraih empat penghargaan Good Mining Practice Awards 2023

SIG meyakini lingkungan kerja yang aman dan nyaman akan menjadikan karyawan lebih produktif dalam bekerja

Jakarta (ANTARA) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendapat empat penghargaan karena dinilai menerapkan prinsip keteknikan pertambangan yang baik (praktik penambangan yang baik) dalam acara Penghargaan Praktek Pertambangan yang Baik 2023.Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“SIG senantiasa menerapkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di seluruh lini bisnisnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Khususnya dalam operasional pertambangan, SIG menerapkan standar keselamatan yang tinggi untuk mencapai Zero Kecelakaan Kerja (nol kecelakaan), Zero Penyakit Akibat Kerja (PAK), dan Zero Penyakit Akibat Kerja (KAPTK), kata Direktur Operasi SIG Reni Wulandri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dua penghargaan diberikan kepada SIG untuk Pabrik Tuban di Jawa Timur dan Rembang di Jawa Tengah, sedangkan dua penghargaan diberikan kepada PT Solusi Bangun Indonesia/SBI Tbk (perusahaan yang dikelola SIG) untuk Pabrik Tuban dan Narogong di Jawa Barat.

Dua penghargaan yang diterima SIG adalah Penghargaan Utama pada kategori Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara, Kelompok Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Mineral Bukan Logam, Mineral Bukan Logam Jenis Tertentu dan Batuan. untuk Pabrik Tuban dan Pabrik Rembang.

Ada dua penghargaan yang diterima SBI, yaitu Penghargaan Utama kategori Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara, Kelompok Pemegang IUP PMDN Mineral Bukan Logam, Mineral Bukan Logam Jenis Tertentu dan Batuan Pabrik SBI Tuban . Berikutnya Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Kelompok Pemegang Izin Usaha Komoditas Mineral Bukan Logam, Mineral Bukan Logam Jenis Tertentu dan Batuan untuk Pabrik SBI Narogong.

“SIG meyakini lingkungan kerja yang aman dan nyaman akan menjadikan karyawan lebih produktif dalam bekerja sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian kinerja Perusahaan. Penghargaan Praktik Penambangan yang Baik 2023 menjadikan SIG semakin terpacu untuk terus menerapkan prinsip-prinsip keteknikan pertambangan yang baik sebagai wujud penerapan prinsip-prinsip ESG (Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola) yang sejalan dengan komitmen keberlanjutan SIG pada Pilar Menciptakan Nilai bagi Karyawan dan Masyarakat,” kata Reni.

Pihaknya fokus pada tiga aspek sebagai wujud penerapan keselamatan pertambangan, termasuk aspek keselamatan (keamanan), aspek kesehatan (kesehatan), dan aspek lingkungan hidup (lingkungan).

Pada aspek keselamatan, SIG menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), serta menciptakan inovasi sistem pemantauan mengemudi (DMS) dengan menginstal sensor kelelahan Dan kamera di dalam kabin di seluruh armada pertambangan. DMS adalah sistem pemantauan operator penambangan untuk mencegah hal ini terjadi kecelakaan konsekuensi kelelahan Dan tindakan tidak aman saat mengoperasikan unit saat sedang bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *