NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Seperti apa kehidupan sebelum manusia mengenal kuman? Bau Adalah Tanda Penyakit


Salah satu aspek yang paling mencolok dari kehidupan sebelum kuman adalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana penyakit sebenarnya menyebar. Meskipun masyarakat mungkin mencurigai adanya hubungan antara bau tak sedap dan penyakit, mereka tidak mengetahui mikroorganisme sebagai penyebab sebenarnya. Hal ini mengakibatkan berkembangnya praktik kebersihan yang kurang efektif dan kurang berdasarkan bukti ilmiah.

Praktik kebersihan yang lazim saat ini, seperti mencuci tangan dengan sabun, mensterilkan peralatan medis, atau membersihkan permukaan benda, belum ada di masa lalu. Bahkan di rumah sakit, praktik seperti mencuci tangan atau mengganti pakaian yang berlumuran darah bukanlah hal yang biasa di masa lalu. Terbatasnya pengetahuan tentang penyebaran kuman mempengaruhi cara masyarakat menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Selama Perang Saudara di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19, ketika melakukan amputasi, dokter membiarkan anggota tubuh pasien yang terputus menumpuk di samping meja operasi. Para dokter juga tidak mengganti gaun mereka yang berlumuran darah saat berpindah dari satu operasi ke operasi berikutnya.

Praktek-praktek yang dilakukan masyarakat pada masa itu seringkali didasarkan pada intuisi, pengamatan empiris, dan keyakinan budaya daripada pengetahuan ilmiah yang konkrit.

1,682 komentar pada “Seperti apa kehidupan sebelum manusia mengenal kuman? Bau Adalah Tanda Penyakit