KasusotomotifUmumUnik

Peran Mahkamah Konstitusi dalam sistem hukum Indonesia, demikian kedudukan dan kewenangannya


Dilansir dari laman mkri.id, Mahkamah Konstitusi (MK) mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem hukum Indonesia, khususnya dalam menjaga prinsip konstitusionalitas hukum dan supremasi konstitusi. Berikut peranan Mahkamah Konstitusi dalam sistem hukum Indonesia.

1. Mempertahankan Konstitusi dan Hukum Tata Negara

Mahkamah Konstitusi bertugas memastikan bahwa seluruh produk hukum yang dihasilkan pemerintah, baik undang-undang maupun keputusan lainnya, mematuhi ketentuan yang terkandung dalam UUD 1945 (UUD 1945). Hal ini bertujuan untuk menjamin terpeliharanya asas konstitusionalitas hukum dan negara berada dalam koridor ketatanegaraan.

2. Pengujian Undang-Undang dengan Judicial Review

Salah satu kewenangan utama MK adalah melakukan pengujian undang-undang yang dianggap bertentangan dengan konstitusi melalui mekanisme judicial review. Apabila suatu undang-undang atau sebagian undang-undang dinyatakan tidak sesuai dengan konstitusi, Mahkamah Konstitusi berwenang membatalkannya. Dengan demikian, Mahkamah Konstitusi memastikan seluruh produk hukum harus sesuai dengan ketentuan konstitusi.

3. Penyelesaian Sengketa Antar Lembaga Negara

Mahkamah Konstitusi juga berperan dalam memutus perselisihan antar lembaga negara yang kewenangannya diatur oleh UUD 1945. Di antaranya perselisihan kewenangan antar lembaga negara, pembubaran partai politik, dan perselisihan hasil pemilu. Mahkamah Konstitusi berfungsi sebagai lembaga penyelesaian yang independen dan obyektif dalam menangani sengketa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *