NEWS

Berita Trending Terupdate

UmumUnik

Pakar: Penutupan Toko TikTok berdampak positif pada ekosistem e-commerce

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Pakar ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Yohanes Gunawan Wibowo mengatakan penutupan sementara TikTok Shop berdampak positif pada ekosistem e-commerce yang tercermin dari meningkatnya jumlah bukalapak dan tokopedia. harga saham.Namun hal ini mungkin hanya bersifat sementara karena kemungkinan besar platform digital akan kembali dengan cara yang berbeda, ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Pemerintah resmi menutup TikTok Shop pada Rabu (4/10) pukul 17.00 WIB, mengacu pada peraturan pemerintah, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 berujung pada penutupan resmi TikTok Shop dengan alasan social commerce telah menjadi tempat promosi dan transaksi dilarang.

“Penutupan tersebut menimbulkan persaingan yang semakin ketat di industri e-commerce dan peningkatan penjualan di e-commerce Facebook Ads dan Instagram Ads,” ujarnya.

Dosen Program Studi Manajemen Unmuh Jember ini mengatakan, dampak penutupan TikTok Shop akan berdampak pada para pelaku usaha yang mengandalkannya. Mereka harus meningkatkan kemampuan bisnisnya baik offline maupun online.

“Secara keseluruhan, TikTok Shop adalah contoh nyata bagaimana strategi manajemen adaptif dapat memungkinkan bisnis bertahan di era disruptif yang berubah dengan cepat,” ujarnya.

566 komentar pada “Pakar: Penutupan Toko TikTok berdampak positif pada ekosistem e-commerce