NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

Megawati dan Paus Fransiskus bertemu bahas perdamaian dunia, iklim

Puan menegaskan, tidak ada pembahasan politik dalam pertemuan Megawati dan Paus Fransiskus. Jakarta (ANTARA) – Presiden Kelima RI Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, pada Senin (18/12) menjelang siang waktu setempat dan membahas kerukunan antar umat beragama dan perdamaian. ancaman perubahan iklim yang membahayakan alam dan manusia.“Saat saya bertemu dengan rombongan, beliau (Paus Fransiskus) meminta agar apa yang terjadi di Indonesia dalam hal kerukunan umat beragama terus berlanjut,” kata Megawati usai pertemuan yang berlangsung sekitar 15 menit di kompleks istana.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Antara, awalnya Megawati yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) bersama juri Zayed Award menemui Paus Fransiskus untuk berdialog terkait penjurian Zayed Award 2024 untuk Persaudaraan Manusia.

Usai pertemuan, Megawati dan delegasi Indonesia menggelar pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus di salah satu ruangan Istana Apostolik atau Kepausan Vatikan.

Dalam kesempatan itu, Megawati didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa Indonesia untuk Tahta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Pertemuan Paus Fransiskus dengan Megawati beserta rombongan berlangsung hangat di salah satu ruangan.

Anggota Dewan Kepausan Dialog Antaragama Tahta Suci, Pastor Markus Solo Kewuta SVD, juga berkesempatan bertindak sebagai penerjemah pada pertemuan Paus Fransiskus dengan Megawati dan rombongan. Suasana pertemuan Presiden Kelima RI, Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, Senin (18/12/2023). Dalam pertemuan tersebut, Megawati membahas upaya kerukunan umat beragama dan perubahan iklim. (ANTARA/Monang Sinaga)

Sementara itu, Puan Maharani yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan masyarakat Indonesia memberikan perhatian serius dalam menjaga perdamaian dunia.

Puan juga mengatakan, Megawati juga menyampaikan betapa perubahan iklim sangat mempengaruhi dunia terkait dengan situasi saat ini.

“Kemudian Paus Fransiskus memberikan masukan bahwa kita sebagai sesama umat manusia harus bersama-sama menjaga perdamaian, kemudian menjaga toleransi beragama dan menjamin perdamaian di dunia saat ini dan di masa depan,” kata Puan menirukan pesan Paus Fransiskus.

55 komentar pada “Megawati dan Paus Fransiskus bertemu bahas perdamaian dunia, iklim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *