NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

KPU RI targetkan rekapitulasi nasional untuk 5 provinsi selesai besok

Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz menargetkan rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat nasional untuk sisa lima provinsi bisa selesai besok atau Senin (18/3).Mellaz mengatakan, KPU dari lima provinsi belum direkapitulasi di tingkat nasional; yaitu Jawa Barat, Papua, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, dan Maluku, sudah ada di Jakarta keesokan harinya.

“Maluku sebenarnya sebagian komisionernya sudah ada di Jakarta karena pada waktu yang sama siang tadi kami juga melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap sepuluh calon anggota KPU Provinsi Maluku,” kata Mellaz di Gedung KPU RI, Jakarta, Minggu.

Sementara itu, Mellaz mengungkapkan Provinsi Jawa Barat akan menjadi provinsi pertama yang direkapitulasi besok pagi.

Rencananya di Jawa Barat, Senin, 18 Maret pagi, ujarnya.

Ia kemudian menjelaskan, KPU Papua Barat Daya akan tiba di Jakarta pada pukul 12.00 WIB, sedangkan Papua dan Papua Pegunungan akan tiba di Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

“Kemudian Maluku, prinsipnya Senin 18 Maret, beberapa temannya sudah ada di Jakarta pukul 20.00,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia optimistis KPU RI akan merampungkan rekapitulasi tersebut sebelum batas waktu 20 Maret 2024.

Jadi kalau melihat perkembangan yang selalu kita lakukan update, tentu kita optimis bisa memenuhi tenggat waktu 20 Maret 2024 tentang penetapan hasil pemilu nasional, ujarnya.

Sementara itu, pada Minggu (17/3) malam, KPU RI melaksanakan rekapitulasi nasional Provinsi Papua Tengah.

Sesuai jadwal kami, malam ini rencananya pukul 20.30 WIB rapat pleno terbuka rekapitulasi dilanjutkan untuk Papua Tengah, ujarnya.

Berdasarkan “Rapat Paripurna Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Nasional” yang digelar KPU RI pada Rabu (28/2) hingga Senin (4/3), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 421.605 suara di 127 daerah. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

129 komentar pada “KPU RI targetkan rekapitulasi nasional untuk 5 provinsi selesai besok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *