NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

Komisi I: Calon Panglima TNI akan diparipurnakan pada 20 November 2023

Jakarta (ANTARA) – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan pengambilan keputusan tingkat II mengenai calon tunggal Panglima TNI dalam Rapat Paripurna DPR RI akan berlangsung pada 20 November 2023.”Kita harapkan sebelum itu sudah paripurna. Jadi sekitar tanggal 20 (November) sudah paripurna,” kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, DPR RI memiliki waktu 21 hari untuk memproses Surat Presiden (Surpres) tentang pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

“Kalau di DPR, prosesnya 21 hari di DPR, dan aturannya masih kita lihat dan pasti kita patuhi aturan itu. Artinya, sebelum batas waktu akhir, sudah selesai di DPR,” ujarnya.

Soal jadwal pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal Panglima TNI, Komisi I DPR akan digelar pada 14 November 2023.

Kurang lebih sekitar tanggal itu (14 November), ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan ‘uji kelayakan dan kepatutan’ calon Panglima TNI diperkirakan akan digelar pada pertengahan November mendatang, yakni sekitar 15 atau 16 November 2023.

Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono berharap penggantinya bisa menjaga solidnya TNI
Baca juga: Komisi I DPR: Tes Kelayakan Calon Panglima TNI 14 November

1,780 komentar pada “Komisi I: Calon Panglima TNI akan diparipurnakan pada 20 November 2023