KasusotomotifUmumUnik

Kesurupan namun sadar merupakan gangguan psikologis, kenali penyebab dan pengobatannya


Possession Trance Disorder adalah suatu kondisi dimana individu mengalami perubahan perilaku signifikan yang ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi pikiran, ingatan, identitas diri, kendali gerakan tubuh, dan lingkungan sekitar. Biasanya orang yang kesurupan namun sadar akan mengalami perubahan drastis pada kepribadian dan perilakunya, termasuk suara, gerak tubuh, bahkan penggunaan bahasa yang berbeda.

Keadaan kesurupan namun sadar seringkali diyakini sebagai fenomena spiritual atau supranatural, dimana individu menjadi perantara bagi entitas atau roh lain. Dalam budaya Indonesia, kerasukan diyakini disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketidakseimbangan spiritual, trauma masa lalu, atau bahkan godaan setan.

Menurut ilmu pengetahuan, fenomena ini diidentifikasi sebagai gangguan kejiwaan yang dikenal dengan Dissociative Trance Disorder (DTD). Dalam literatur medis, DTD diartikan sebagai gangguan kesurupan, dimana individu mengalami perubahan kesadaran dan merasa seperti makhluk atau orang lain. Meski sering dikaitkan dengan praktik keagamaan atau tradisional, kesurupan secara sadar telah menjadi fokus kajian ilmiah untuk memahami mekanisme di balik fenomena ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *