KasusotomotifUmumUnik

Kenali disfungsi keluarga dan dampaknya, kenali tanda-tandanya dan cara mengatasinya


Disfungsi keluarga adalah keadaan dimana hubungan antar anggota keluarga tidak berjalan dengan baik, dan berdampak negatif pada setiap individu di dalamnya. Dampak negatif dari disfungsi keluarga mencakup berbagai aspek, seperti emosional, psikis, dan fisik.

Secara emosional, individu yang berasal dari keluarga disfungsional seringkali mengalami stres, kecemasan, dan depresi. Mereka mungkin juga mengalami perasaan kesepian, tidak aman, atau merasa tidak dicintai. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti gangguan mood, gangguan kecemasan, dan masalah tidur.

Secara psikologis dampaknya adalah rendahnya harga diri. Individu yang mengalami disfungsi keluarga seringkali merasa tidak berarti atau tidak berharga. Mereka mungkin mengalami perasaan bersalah yang berlebihan atau merasa selalu berada di pihak yang salah. Hal ini dapat menghambat perkembangan pribadi dan kepercayaan diri yang sehat.

Selain itu, disfungsi keluarga juga dapat menyebabkan kurangnya kemampuan berinteraksi sosial. Individu mungkin mengalami kesulitan membangun hubungan yang sehat dan mempercayai orang lain. Hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sosialnya, baik di sekolah, tempat kerja, atau di lingkungan sosial lainnya.

One thought on “Kenali disfungsi keluarga dan dampaknya, kenali tanda-tandanya dan cara mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *