NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Kecemasan Berlebihan, Takut Mati Tanda Thanatophobia, Begini Cara Mengatasinya


Thanatophobia adalah suatu kondisi psikologis yang ditandai dengan ketakutan berlebihan terhadap kematian atau proses kematian. Gejala dan tanda thanatophobia bisa berbeda-beda pada setiap individu, namun ada beberapa ciri umum yang sering terjadi.

1. Serangan Panik (Serangan Panik):

Serangan panik merupakan salah satu gejala yang sering terjadi pada orang yang mengalami thanatophobia. Saat dihadapkan pada situasi atau pikiran terkait kematian, seseorang bisa saja mengalami serangan panik yang ditandai dengan gejala seperti jantung berdebar-debar, sesak napas, gemetar, dan perasaan kehilangan kendali.

2. Kecemasan Berlebihan:

Kecemasan yang sangat intens terhadap kematian atau proses kematian merupakan ciri khas dari thanatophobia. Seseorang mungkin merasa sangat cemas dan tidak nyaman ketika memikirkan kematian, bahkan dalam situasi yang tidak berhubungan langsung dengan kematian.

3. Gejala Fisik:

Selain serangan panik, gejala fisik lain juga bisa muncul pada orang yang mengalami thanatophobia, seperti pusing, keringat berlebih, detak jantung tidak teratur, mual, sakit perut, dan sensitif terhadap perubahan suhu.

4. Gejala Emosional:

Thanatophobia juga dapat memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang. Gejala emosional yang sering terjadi antara lain menutup diri dari lingkungan, menghindari interaksi sosial dengan teman dan keluarga dalam jangka waktu lama, perasaan marah, sedih berlebihan, mudah tersinggung, perasaan bersalah, dan kekhawatiran yang berkelanjutan.

39 komentar pada “Kecemasan Berlebihan, Takut Mati Tanda Thanatophobia, Begini Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *