Umum

Kanada akan larang penjualan senjata ke Israel

Trenton, Kanada (ANTARA) – Kanada akan melarang semua pengiriman senjata ke Israel, Menteri Luar Negeri Melanie Joly mengumumkan pada Selasa (19/3).Langkah tersebut dilakukan setelah anggota parlemen memberikan suara 204 – 117 mendukung mosi tidak mengikat untuk menghentikan penjualan senjata setelah perdebatan panjang pada Senin (18/3).

“Ini merupakan langkah nyata,” kata Joly kepada surat kabar The Toronto Star. Proposal awalnya adalah untuk menghentikan penjualan senjata, namun kemudian diubah menjadi larangan langsung.

Mosi tersebut juga mencakup klausul yang menyerukan dukungan bagi “pembentukan Negara Palestina” bersama dengan mitra internasional Kanada.

Baca juga: Kolombia menangguhkan pembelian senjata dari Israel

Kanada sebelumnya telah memberlakukan penangguhan sementara izin ekspor barang dan teknologi militer.

Namun, terdapat kebingungan sebelumnya karena kantor Urusan Global Kanada terus menerima permohonan ekspor senjata ke Israel dan permohonan tersebut ditinjau berdasarkan kasus per kasus, lapor Star.

Namun, Joly menekankan bahwa setelah pemungutan suara hari Senin yang menyerukan larangan kepemilikan senjata api, pemerintah memutuskan untuk menepati janjinya.

Baca juga: Trudeau: Tindakan Israel di Gaza Ancam Keamanan Negara Yahudi Masa Depan
Baca juga: Yordania dan Kanada Sepakat Tekan Israel untuk Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Pertahanan Bill Blair mengatakan Joly akan memutuskan bagaimana larangan itu diberlakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *