Umum

Indonesia petik kemenangan perdana seusai tundukkan Vietnam 1-0

Jakarta (ANTARA) – Timnas Indonesia meraih kemenangan pertamanya pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, usai mengalahkan Vietnam 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikry (52′) di Gelora Stadion Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.Menurunkan dua pemain baru sejak awal, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, tim Garuda sempat kesulitan di babak pertama.

Pasukan pelatih Shin Tae-yong (STY) terus mendapat tekanan dari gaya bermain Vietnam Philippe Troussier di 25 menit pertama. Memasuki pertengahan babak pertama, Garuda pun kesulitan menembus lini tengah Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam punya peluang di menit 25 lewat tendangan mendatar Nguyen Hoang Duc yang masih menyamping.

Tim berjuluk The Golden Stars itu pun mendapat peluang berbahaya pada menit ke-22 saat penyerangnya dalam keadaan bebas. Beruntung, saat ini bek SC Heerenveen Nathan menjalankan tugasnya dengan baik dengan melakukan tekel bersih.

Setelah itu, perlahan Indonesia keluar dari tekanan. Rafael Struick melalui aksinya dari sayap kiri, memotong ke dalam dan menendang bola yang masih tepat di pelukan kiper Vietnam Filip Nguyen saat pertandingan berusia hampir setengah jam.

Indonesia kembali mendapat momen pada menit ke-32 ketika Yakob Sayuri berkolaborasi dengan Witan Sulaeman. Sayangnya umpan datar Yakob gagal menemui sasaran dan diamankan bek Vietnam.

Hingga 45 menit pertama berakhir, kedua tim gagal mencetak gol hingga mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0.

Baca juga: Jokowi dan Para Menteri Saksikan Indonesia Vs Vietnam di GBK

Memasuki babak kedua, melihat timnya tak bisa berbuat banyak di babak pertama, STY langsung melakukan tiga pergantian di babak kedua dengan memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikry menggantikan Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A. -On, dan Hokky Caraka.

Keputusan STY langsung terlihat di lapangan di mana pasukan Merah Putih mengambil inisiatif sejak awal dan kemudian menciptakan peluang pertama melalui first time Ivar Jenner pada menit ke-49 yang diawali dari lemparan ke dalam Arhan.

One thought on “Indonesia petik kemenangan perdana seusai tundukkan Vietnam 1-0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *