Umum

Indonesia kembali raih peringkat kredit dengan outlook stabil

Afirmasi peringkat Indonesia pada BBB dengan prospek stabil menunjukkan kuatnya keyakinan pemangku kepentingan internasional terhadap stabilitas makroekonomi Indonesia dan prospek perekonomian jangka menengah yang tetap terjaga pasca pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta ke-20 (ANTARA) – Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan peringkat kredit Republik Indonesia atau Sovereign Credit Rating pada BBB (satu tingkat di atas level terendah investment grade) dengan prospek stabil pada 15 Maret 2024.

“Afirmasi rating Indonesia pada BBB dengan prospek stabil menunjukkan kuatnya keyakinan pemangku kepentingan internasional terhadap stabilitas makroekonomi Indonesia dan prospek perekonomian jangka menengah yang akan tetap terjaga pasca pemilu 2024,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Jakarta , Sabtu.

Fitch sebelumnya mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia di BBB dengan prospek stabil pada 1 September 2023. Sovereign Credit Rating atau peringkat kredit negara merupakan ukuran kemampuan pemerintah dalam membayar utangnya.

Keputusan Fitch mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah yang baik, inflasi yang terkendali dalam kisaran target, dan rendahnya rasio utang pemerintah terhadap produk domestik bruto (PDB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *