NEWS

Berita Trending Terupdate

UmumUnik

Disdik DKI menekankan pentingnya peran PAUD dalam mencegah kekerasan anak

Anak-anak kita belajar dari apa yang mereka lihat

Jakarta (ANTARA) – Dinas Pendidikan DKI Jakarta menekankan pentingnya peran satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak.

Permasalahan ini nyata, sebenarnya ada berbagai bentuk kekerasan baik fisik, psikis, eksploitasi ekonomi, seksual dan lain-lain, kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.Padahal, menurutnya kekerasan terhadap anak akan melahirkan rantai kekerasan baru yang menjadi lingkaran negatif.

Menurut Purwosusilo, kekerasan terhadap anak merupakan permasalahan yang sering dijumpai dalam kehidupan keluarga, pendidikan, teman sebaya, dan masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan PAUD sebelum anak memasuki sekolah dasar. Purwosusilo meminta kepada para tenaga pengajar untuk tidak menuntut anak sudah bisa membaca dan menulis saat masih dalam pendidikan anak usia dini.

“Bahwa anak-anak kita di PAUD tidak diharuskan melakukan hal itu, namun diwajibkan belajar terkait dengan hal-hal nyata sederhana yang dialami anak-anak kita,” ujarnya.Disebutkannya, anak-anak di PAUD belajar sambil bermain dalam suasana gembira. “Anak-anak kami belajar dari apa yang mereka lihat,” kata Purwosusilo.

859 komentar pada “Disdik DKI menekankan pentingnya peran PAUD dalam mencegah kekerasan anak