NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

BMKG prediksi hujan lebat guyur sebagian besar wilayah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat akan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia seiring bergeraknya siklon tropis Saola di perairan timur Filipina.Prakiraan cuaca BMKG Idhan Abubakar mengatakan, siklon tersebut memiliki kecepatan angin maksimal 85 knot atau setara 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimal 955 milibar bergerak ke arah selatan.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, peningkatan kecepatan angin, dan tinggi gelombang di sekitar wilayah siklon tropis, kata Idhan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Siklon tropis Saola memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter dan hujan deras.

Wilayah perlambatan atau konvergensi kecepatan angin terpantau memanjang dari wilayah barat Samudera Hindia Sumatera Barat hingga Aceh, Laut Cina Selatan, Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi, Laut Maluku dan Papua bagian tengah.

Idhan mengatakan, kondisi ini dapat meningkatkan potensi tumbuhnya awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi.

Peningkatan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot terpantau di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Barat hingga selatan Nusa Tenggara Timur, mulai dari Teluk Karpentaria hingga Laut Flores, dari Laut Arafuru hingga Laut Maluku.

Kemudian, Laut Aru hingga Laut Seram, dari Laut Halmahera hingga Laut Filipina, dari Teluk Thailand hingga Laut Cina Selatan, dan Filipina bagian selatan yang dapat meningkatkan tinggi gelombang di perairan sekitarnya.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir atau kilat serta angin kencang berada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” kata Idhan.

Sementara untuk prakiraan cuaca sempit di kota-kota besar, BMKG memperkirakan langit hari ini mayoritas berawan dan hujan ringan.

5 komentar pada “BMKG prediksi hujan lebat guyur sebagian besar wilayah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *