NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

Beasiswa KIP Perguruan Tinggi 2024, Simak Manfaat, Besaran Dana dan Syarat Pendaftaran


KIP merupakan salah satu bentuk implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) yang merupakan program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan di Indonesia. Program Kuliah Kartu Indonesia Pintar (KIP) memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi mahasiswa yang berhak menerimanya. Berikut beberapa manfaat utama yang ditawarkan KIP Kuliah di tahun 2024:

1. KIP Kuliah memberikan jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke universitas. Besaran biaya ini ditentukan berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi) yang diikuti mahasiswa tersebut.

2. Mahasiswa terpilih penerima KIP Kuliah Merdeka akan mendapat bantuan biaya hidup. Bantuan ini diberikan langsung kepada siswa dan sepenuhnya menjadi haknya. Dana tersebut dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah, sehingga memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengatur anggarannya sesuai kebutuhan masing-masing.

3. Pada tahun 2023, besaran bantuan biaya hidup dibagi menjadi 5 klaster berdasarkan wilayah. Jumlahnya mencapai Rp800.000 hingga Rp1.400.000 per bulan. Penetapan klaster ini dilakukan berdasarkan hasil Survei Biaya Hidup dan Survei Sosial Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik.

4. Untuk menjamin keterjangkauan pendidikan, biaya pendidikan diusulkan oleh perguruan tinggi kepada Pusat Layanan Pendidikan Tinggi (Puslapdik) dengan mempertimbangkan rata-rata biaya pendidikan mahasiswa non-KIP Kuliah Merdeka pada Program Studi yang sama. Besaran biaya pendidikan ini tergantung pada akreditasi Program Studi, dengan ketentuan maksimal sesuai tingkat akreditasi.

2 komentar pada “Beasiswa KIP Perguruan Tinggi 2024, Simak Manfaat, Besaran Dana dan Syarat Pendaftaran

  • Hi everyone, it’s my first go to see at
    this web page, and article is really fruitful designed for me, keep up posting these types of articles
    or reviews.

    Balas
  • Wonderful blog! I found it while browsing on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Thank you

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *