NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

11 Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh dan Aman di Apotek


Promethazine merupakan salah satu jenis obat mabuk perjalanan di apotek yang tak kalah efektifnya. Obat ini termasuk dalam golongan antihistamin yang berfungsi meredakan gejala mual dan mabuk perjalanan. Promethazine bekerja dengan cara menekan rangsangan pusat muntah di otak, sehingga mencegah mual dan muntah yang biasa terjadi selama perjalanan.

Sebagai obat mabuk perjalanan, promethazine aman digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Bila digunakan, obat ini biasanya diberikan dengan dosis yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan pengguna.

Efek samping yang mungkin muncul setelah penggunaan promethazine antara lain rasa kantuk, pusing, dan mulut kering. Hal ini biasanya terjadi pada dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan promethazine sesuai anjuran dokter atau petunjuk pada kemasan obat.

Meski promethazine dapat membantu meredakan mabuk perjalanan, akan lebih baik jika Anda bisa menghindari mabuk perjalanan dengan beberapa tindakan pencegahan. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah memilih tempat duduk dekat jendela saat bepergian, menghindari makanan berlemak sebelum perjalanan, dan berusaha tetap tenang selama perjalanan. Jika mual dan muntah saat bepergian masih berlanjut meski sudah menggunakan promethazine, segera konsultasikan ke dokter atau apoteker untuk penanganan lebih lanjut.

5. Dimenhidrinat

Dimenhydrinate merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Mabuk perjalanan seringkali disebabkan oleh ketidakseimbangan pada telinga bagian dalam yang mengontrol keseimbangan tubuh.

Ketika tubuh mengalami rangsangan yang berbeda seperti bergerak ke atas dan ke bawah atau berbalik secara tiba-tiba, sinyal yang dikirimkan telinga bagian dalam tidak sejalan dengan apa yang dilihat mata. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan dan muncul gejala mual, pusing, dan muntah.

Dimenhydrinate bekerja dengan cara menghambat sinyal yang dikirim ke otak melalui telinga bagian dalam. Obat ini juga dikenal sebagai antihistamin dan antiemetik yang artinya dapat menghentikan reaksi alergi serta mengurangi mual dan muntah.

Dimenhydrinate merupakan obat mabuk perjalanan yang tersedia di apotek dalam bentuk tablet atau kapsul dan dapat dikonsumsi sebelum bepergian. Dosis yang dianjurkan biasanya bergantung pada usia dan kondisi kesehatan pengguna, namun umumnya satu atau dua tablet diminum sebelum berangkat.

One thought on “11 Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh dan Aman di Apotek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *