NEWS

Berita Trending Terupdate

KasusotomotifUmumUnik

10 Makanan Tinggi Kalsium dan Manfaatnya, Mengapa Tubuh Membutuhkannya?


Susu merupakan makanan tinggi kalsium yang sangat dianjurkan untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang signifikan pada susu sapi dan kambing menjadikannya sebagai sumber nutrisi yang sangat penting.

Dalam satu gelas susu sapi terdapat sekitar 275–300 mg kalsium, sedangkan satu cangkir susu kambing mengandung sekitar 330 mg kalsium. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin A, vitamin D, dan protein yang semuanya berperan dalam mendukung pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Minumlah satu hingga dua gelas susu sapi atau kambing setiap hari sebagai bagian dari sarapan atau sebagai camilan sehat di antara waktu makan. Susu juga bisa ditambahkan pada smoothies atau oatmeal untuk menambah kandungan nutrisinya.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, termasuk kalsium. Meski tidak sebanyak susu, brokoli tetap menjadi sumber kalsium yang penting dalam menu makanan harian Anda. Dalam satu porsi brokoli (sekitar 128 gram), terdapat sekitar 60 mg kalsium.

Selain makanan tinggi kalsium, brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu memperkuat tulang dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Brokoli bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Tambahkan sedikit minyak zaitun, garam, dan merica untuk menambah rasa. Brokoli yang dimasak dapat disajikan sebagai pendamping hidangan utama atau dimasukkan ke dalam salad untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang menyegarkan.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang mengandung kalsium dalam jumlah cukup tinggi. Dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 99 mg kalsium. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi, vitamin A, dan vitamin C yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh.

Namun bagi Anda yang memiliki masalah asam urat, perlu diingat bahwa bayam mengandung purin yang tinggi sehingga sebaiknya dihindari konsumsinya secara berlebihan.

One thought on “10 Makanan Tinggi Kalsium dan Manfaatnya, Mengapa Tubuh Membutuhkannya?

  • Профессиональные seo https://seo-optimizaciya-kazan.ru услуги для максимизации онлайн-видимости вашего бизнеса. Наши эксперты проведут глубокий анализ сайта, оптимизируют контент и структуру, улучшат технические аспекты и разработают индивидуальные стратегии продвижения.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *