NEWS

Berita Trending Terupdate

Umum

MK putuskan uji materi batas usia maksimal capres-cawapres hari ini

Berikutnya, perkara nomor 107 dimohonkan oleh warga negara Indonesia bernama Rudy Hartono yang meminta agar Pasal 169 huruf q UU Pemilu diubah menjadi “umur minimal 40 tahun dan maksimal 70 tahun”.

Ia pun meminta agar frasa tersebut dinyatakan konstitusional bersyarat, artinya harus dimaknai juga dengan adanya norma pembatasan usia maksimal sebagai bagian tidak terpisahkan dari syarat menjadi calon presiden dan wakil presiden.

Di sisi lain, hari ini Mahkamah Konstitusi juga akan membacakan putusan uji materiil mengenai batasan usia minimal calon presiden dan wakil presiden. Dalam kasus ini, ada dua perkara yang akan dibacakan putusannya.

Pertama, Perkara Nomor 93/PUU-XXI/2023 dengan pemohon bernama Guy Rangga Boro. Ia meminta agar Pasal 169 huruf q UU Pemilu dinyatakan bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat bersyarat sepanjang tidak dimaknai “setidaknya berusia 21 tahun”.

Kedua, Perkara Nomor 96/PUU-XXI/2023. Riko Andi Sinaga selaku pemohon meminta pengadilan menyatakan Pasal 169 huruf q UU Pemilu bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai “minimal 25 tahun”. tua”.

Baca juga: Anggota Komisi II: Keputusan MK harus dikonsultasikan dulu ke DPR
Baca juga: Yusril: Mahkamah Konstitusi tidak bisa memutuskan syarat usia calon presiden dan wakil presiden

Wartawan: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *