KasusotomotifUmumUnik

8 Peran Keluarga dalam Pemberantasan Korupsi, Wadah Penanaman Nilai


Keluarga mempunyai peranan penting sebagai lembaga pendidikan pertama bagi setiap individu. Dalam rangka pemberantasan korupsi, keluarga harus aktif menanamkan nilai-nilai antikorupsi seperti kejujuran, kepedulian, kemandirian, disiplin, tanggung jawab, kesederhanaan, keberanian dan keadilan pada anggota keluarga.

Pendidikan tentang nilai-nilai antikorupsi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya memberikan keteladanan positif dalam perilaku sehari-hari, memberikan pemahaman yang benar mengenai korupsi dan dampak negatifnya, serta mengajarkan pentingnya menjaga integritas dalam segala aspek kehidupan.

2. Pengawasan dan Pemantauan

Peran keluarga dalam pemberantasan korupsi juga mempunyai tanggung jawab untuk saling mengawasi dan memantau untuk mencegah perilaku korupsi. Misalnya, orang tua perlu memantau aktivitas anak dengan mendorong mereka bertindak jujur ​​dan bertanggung jawab.

Di sisi lain, anak juga dapat berperan dengan memperingatkan orang tuanya jika melihat adanya tindakan mencurigakan atau berpotensi korupsi. Pengawasan dan pemantauan ini menciptakan lingkungan yang transparan dan bertanggung jawab dalam keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *